Rincian Struktur Organisasi Mayora, Sejarah Singkat, dan Produknya

Struktur Organisasi Mayora

Struktur organisasi Mayora tentu menjadi pendukung keberhasilan dari perusahaan industry makanan dan minuman terbaik ini. Dengan mempekerjakan karyawan sebanyak 5.300 orang, PT. Mayora Indah Tbk tentu menempatkan banyak pihak pada struktur perusahaan Mayora. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah pengaturan kegiatan yang berlangsung di perusahaan ini.

Sekilas Tentang PT. Mayora Indah Tbk


PT Mayora Indah Tbk merupakan salah satu kelompok bisnis produk konsumen yang berada di Indonesia. perusahaan ini didirikan pada tahun 1977, tepatnya pada 17 Februari 1977. Mayora Indah telah terdaftar sebagai perusahaan publik yang telah tercatat publik pada bursa efek Indonesia sejak 4 Juli 1990.

Perusahaan ini menjadi perusahaan industri di bidang produk konsumen makanan dan minuman. Saat pertama kali di bangun, pabrik pertama berada di kawasan Tangerang, dengan target market pada wilayah Jakarta dan sekitarnya. Setelah tercatat sebagai perusahaan publik, target market dari perusahaan ini adalah konsumen Asean.

Untuk membuktikan diri sebagai produsen makanan dan minuman berkualitas domestik maupun mancanegara, PT Mayora Indah telah mendapatkan banyak penghargaan. Penghargaan tersebut diantaranya Top Five Best Managed Companies in Indonesia dari Asia Money. Selain itu, terdapat juga penghargaan Best Manufacturer of Halal Product dari Majelis Ulama Indonesia, dan masih banyak penghargaan lainnya.

Alamat PT Mayora Indah Tbk


Perusahaan dengan 5.300 orang karyawan ini memiliki kantor pusat yang berada di Jl. Tomang Raya Kav 21-23, Jakarta Barat. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga memiliki beberapa pabrik lainnya yang berada di Tangerang.

Pt Mayora Indah Tbk berada di Jl. Telesonik, Jatake, Tangerang, dan PT Kakao Mas Gemilang di Batuceper, Tangerang. Selain itu, terdapat juga PT. Torabika Eka Semesta yang beralamat di desa Bitung Jaya, Kecamatan Cikupa, Tangerang.

Struktur Organisasi Mayora


Terkenal sebagai perusahaan publik, perusahaan ini membentuk struktur organisasi untuk mengembangkan produk-produk serta performa perusahaan. Struktur organisasi yang dibangun menghimpun para pekerja PT. Mayora Indah Tbk dari tiap fungsi dan kelompok.

Struktur organisasi perusahaan ini diawali oleh Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). pemegang saham utama dari perusahaan adalah Jogi Hendra Atmadja, Andre Sukendra Atmadja, dan Hendrik Polisar.

Setelah itu terdapat dewan komisaris yang bertanggung jawab untuk mengawasi serta memberi saran pada direksi. Dewan komisaris memberikan saran untuk pengelolaan perusahaan, mulai dari perencanaan hingga penerapan keputusan RUPS. Dewan inilah yang nantinya bertanggung jawab pada RUPS.

Pada struktur organisasi Mayora ini, posisi dewan komisaris ditempati oleh 4 orang dewan. para dewan tersebut adalah Hermawan Lesmana, Gunawan Atmadja, Suryanto Gunawan, dan Anton Hartono.

Dalam menjalankan tugasnya, dewan komisaris akan dibantu oleh seorang audit commite. Posisi audit committee Mayora saat ini ditempati oleh Suryanto Gunawan, Budiono Djuandi, dan Antonius wirawan.

Struktur Direksi


Setelah audit committee, terdapat direksi. seluruh bagian dari direksi ini bertanggung jawab penuh atas kepengurusan perusahaan, serta menjadi perwakilan perusahaan dalam segala urusan. Bagian direksi ini terdiri dari direktur utama yang nantinya dibantu oleh beberapa direksi lainnya.

Jabatan direktur utama dipegang oleh Andre Sukendra Atmadja. Direktur utama ini nantinya akan bertanggung jawab atas keberlangsungan seluruh fungsi organisasi perusahaan.

Selanjutnya terdapat direktur supply chain, direktur keuangan, direktur operasional dan direktur pemasaran. Dalam struktur oraganisasi Mayora, direktur supply chain dijabat oleh Hendarta Atmadja. Setelah itu, direktur keuangan dijabat oleh Hendrik Polisar, dan direktur operasional ditempati Wardhana Atmadja, direktur pemasaran oleh Muljono Nurlimo.

Sekretaris dan Audit Internal


Dalam menjalankan tugasnya, dewan komisaris juga akan dibantu oleh pihak sekretaris perusahaan dan audit internal. Pihak sekretaris dan audit internal bertugas untuk mengawasi proses pelaporan keuangan perusahaan yang dilakukan atas nama dewan komisaris.

Sektretaris perusahaan Mayora Indah dijabat oleh 2 orang sekretaris, yaitu Handy Lauwus, dan Junih Gunawan. Sedangkan unit audit internal ditempati oleh Hendra Kurniawan.

Struktur Lainnya


Dalam struktur organisasi Mayora, terdapat juga banyak bagian lainnya yang turut berperan penting dalam keberlangsungan perusahaan. Bagian-bagian tersebut berupa purchasing, teknologi informasi, pemasaran dan keuangan dan akunting. Kemudian, terdapat juga HRD dan personalia, legal, serta manufacturing.

Struktur ini dimulai dari Andrias E. Wahono di bagian purchasing, dan Rudy Handoyono Kosasih di bagian teknologi informasi. Kemudian dilanjutkan dengan Ricky Afrianto di bagian pemasaran dan Roman Soentadjaya di bagian keuangan dan akunting. Setelah itu, Heri Soesanto yang bertugas sebagai HRD dan personalia, serta Julie Susanto di bidang legal. Struktur organisasi ini diakhiri dengan bagian manufacturing yang dijabat oleh Nurdin Lesmana.

Tugas Anggota dari Struktur Organisasi Mayora


Setiap anggota dari struktur organisasi Mayora tentu memiliki tugasnya masing-masing, mulai dari dewan komisaris hingga bagian manufacturing. Dewan komisaris bertanggung jawab untuk mengawasi serta memberi saran pada direksi terhadap pengelolaan perusahaan. Kemudian terdapat audit committee yang bertanggung jawab untuk mengawasi proses pelaporan keuangan yang dilakukan atas nama dewan komisaris.

Selain itu, audit committee juga bertanggung jawab untuk mengadakan rapat berkala dengan pihak auditor internal dan eksternal. Rapat berkala ini bertujuan untuk membahas evaluasi terhadap pengendalian rencana kerja audit maupun non-audit.

Dalam struktur organisasi ini juga terdapat bagian direksi. Direksi umumnya bertugas untuk mengurus kepentingan dan menjadi perwakilan perusahaan dalam segala urusan. Direksi juga berperan dalam segala usaha untuk mengelola, mengendalikan serta mengembangkan perusahaan.

Direktur utama berperan dalam mengontrol berjalannya semua fungsi dari anggota struktur organisasi mayora, menetapkan arah kebijakan serta strategi perusahaan. Direktur pemasaran berperan dalam berbagai fungsi di bagian lainnya yang ada di perusahaan. Bagian-bagian tersebut diantaranya bagian pemasaran, keuangan dan akunting, dan HRD dan personalia.

Kemudian, direktur keuangan bertugas untuk mengelola serta menjalankan berbagai kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan anggaran dan pengelolaan dana. Selanjutnya terdapat sekretaris perusahaan dan unit audit internal yang bertugas untuk memastikan kepatuhan dewan komisaris terhadap peraturan yang ada.

Jenis produk yang dihasilkan PT. Mayora Indah Tbk


Mayora telah dikenal sebagai produsen makanan dan minuman berkualitas baik dalam negeri, maupun luar negeri. Oleh karena itu, semua anggota dari struktur organisasi mayora terus berusaha untuk mengembangkan produk yang dihasilkan.

Perusahaan ini menghasilkan berbagai jenis produk makanan dan minuman yang telah beredar di seluruh dunia. Produk-produknya berupa biskuit, kembang gula, wafer, coklat, kopi dan makanan kesehatan. Produk makanan dan minuman dari Mayora tentu sudah sangat diminati oleh seluruh konsumen di Indonesia. 

Jenis produk makanan yang paling disukai oleh para konsumen di Indonesia adalah Astor, Beng-Beng, Choki-Choki, Energen dan Kopiko. Produk biskuit seperti Roma Malkist, Roma Kelapa dan Roma Sari Gandum juga sangat disukai karena memiliki rasa yang lezat. Sedangkan untuk produk minuman kopi, masyarakat Indonesia umumnya menyukai Torabika Duo dan Torabika Creamy Latte.