Home Tips Bisnis

langkah-awal-memulai-usaha-kuliner

Apakah pernah terbayang di benak pikiran kalian jika menjalankan bisnis kuliner di Indonesia itu tidak mudah, sudah banyak sekali kompetitor yang sudah duluan memulainya. Usaha kuliner yang sudah ada saat ini juga sangat beragam jenisnya, mulai dari usaha rumah makan, usaha gorengan, usaha martabak, usaha makanan ringan, bakso mie ayam, dan masih banyak lagi usaha kuliner yang saat ini berkembang di Indonesia.

Namun.. jika Anda niat dan memiliki tekad kuat untuk menjalani bisnis kuliner di tahun ini ada beberapa strategi yang perlu di pahami agar mampu bersaing dengan kompetitor lain.

Bisnis kuliner merupakan jenis usaha paling banyak diminati karena dikenal sebagai bisnis yang tak pernah mati. Seperti artikel yang sebelumnya kami bahas, bisnis kuliner menjadi peluang usaha paling menjanjikan.

Usaha kuliner tidak butuh modal terlalu besar, namun bisa mengambil keuntungan hampir 100%. Dari situlah banyak orang yang berbondong-bondong untuk usaha kuliner. Mulai dari skala kecil seperti warung di pinggir jalan hingga restoran besar. Persaingan ketat tersebutlah yang menjadi tantangan bagi yang mau mendalami bisnis ini.

Namun, tidak berarti pebisnis kuliner pemula tidak bisa bersaing dengan kompetitor yang sudah lama ada. Selama masih ada tekad kuat, serta kesungguhan dalam berbisnis, maka tidak menutup kemungkinan bisa lebih sukses dibandingkan dengan yang sudah lama bergelut dibidang ini.

Agar bisa lebih lancar dalam menjalankan usaha kuliner, jalankan strategi berikut ini!

Tips Bisnis Kuliner Bagi Pemula




Siapkan Modal Usaha


Bisnis tidak akan berjalan tanpa adanya modal. Hal terpenting sebelum menyiapkan yang lain, ketahui dulu berapa jumlah modal yang Anda miliki. Dari jumlah nominal tersebutlah yang menentukan jenis kuliner apa yang akan menjadi jenis usahamu nanti.

Sebagai contoh, misalkan Anda baru memiliki modal Rp 1 Juta, maka.. usaha yang bisa Anda jalankan seperti usaha jualan sarapan. Dengan keterbatasan modal, Anda bisa memanfaatkan teras rumah untuk membuka stand untuk berjualan.

Jika usaha kuliner berkembang, tentu modal usaha yang dimiliki akan bertambah. Mulai dari sini Anda bisa upgrade jenis usaha Anda ke bisnis menengah, agar keuntungan yang di dapat juga lebih banyak dibanding usaha sebelumnya. Dan terus lakukan upgrade dalam menjalankan bisnis.

Pahami Pasar yang Kamu Tuju


Kita harus paham pasar yang akan dituju agar bisa menembus target marketing. Setelah memiliki modal usaha, kita tentu harus memiliki tujuan yang jelas, kemana bisnis ini akan dijalankan. Tadi saya sudah menjelaskan pada poin pertama. Sebagi contoh, jika memiliki modal minim.. tentu tidak bisa berbuat banyak dan target jangkauan pasar yang di dapat juga tidak banyak.

Namun jika kamu punya cukup modal untuk usaha kuliner, sangat disarankan untuk menentukan tempat penjualan yang strategis agar target berjualan bisa tercapai.

Beberapa contoh pasar yang bisa kamu tuju untuk melakukan penjualan, dengan hasil maksimal :

  • Membangun warung atau stand di area perkantoran
  • Membangun warung atau stand di tempat wisata
  • Membangun warung atau stand di area kampus

Itu adalah sedikit contoh pasar yang bisa kamu tuju untuk melakukan penjualan. Ke-tiga lokasi tersebut pasti bisa memberikan dampak besar terhadap usaha Anda.


Ketahui Keunikan Bisnis


Bisnis kuliner beragam jenisnya. Dari sekian banyak kompetitor yang sudah ada, pastikan Anda berinovasi dan mencari keunikan dalam bisnis yang Anda jalani.

Faktor pembeda atau unique selling point bisa menjadi senjata dalam mempertahankan bisnis dalam persaingan.

Tentukan menu andalan yang bisa menjadi keunikan. Pilih menu yang belum banyak dijual orang untuk mengurangi tingkat persaingan.

Pilih Pemasok Bahan Baku Tetap


Pilihlah satu pemasok bahan baku yang akan terus-terusan digunakan untuk kelancaran produksi usaha kuliner Anda. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kualitas rasa yang konsisten.

Selain untuk menjaga konsistensi kualitas rasa, Anda juga bisa mendapatkan harga yang relatif lebih murah dan menjadi orang yang di utamakan oleh pemasok apabila nanti suatu saat bahan baku yang dibutuhkan langka di pasaran.

Buat Strategi Pemasaran yang Tepat Sasaran


Terakhir, susun strategi pemasaran yang tepat. Selain promosi dari mulut ke mulut, juga bisa promosi dagangan kita melalui sosial media melalui facebook ataupun instagram. Kita harus bisa memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini. Manfaat dari medsos bisa mempromosikan usaha tanpa adanya biaya, kecuali akan endorse ke influencer.

Usaha kuliner tidak hanya soal modal belaka. Anda harus memiliki strategi yang cerdas agar usahamu bisa berjalan dengan lancar. Untuk para pembisnis pemula, sejumlah tips strategi di atas bisa mulai diterapkan. Tunggu apalagi? Yuk, mulai berbisnis.

Baca juga :

No comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

to Top