Pengertian Bisnis Online: Manfaat, Keunggulan, dan Kekurangan Bisnis Online

Pengertian-bisnis-online-manfaat-keunggulan-dan-kekurangan-bisnis-online

Pengertian Bisnis Online - Meskipun nama bisnis online sering kita dengar, Namun tidak menutup kemungkinan ada beberapa orang yang masih awam dan belum mengetahui pengertian bisnis online itu sendiri.

Nah.. pada kesempatan ini, kami akan memberikan pembahasan menarik tentang pengertian bisnis online.  Pastikan kamu baca artikel sampai selesai ya. Waktu baca artikel ini hanya membutuhkan waktu 7 menit aja kok, enjoy!

Bisnis online merupakan segala jenis kegiatan maupun transaksi jual beli barang yang dilakukan secara online. Jadi, semua yang dilakukan antara buyer dan supplier dilakukan secara online (melalui internet).

Banyak para pelaku bisnis yang mereka jalankan via online. Karena kemudahan jual beli barang bisa dilakukan hanya dengan satu klik, barang sudah berhasil di beli. 

Jangan heran jika perkembangan teknologi sekarang semakin canggih. Karena saat ini kita sudah memasuki era revolusi industri 4.0, jadi kemudahan segala transaksi apapun sekarang bisa kita lakukan dengan mudah.

Banyak starup Indonesia yang bergerak di bidang e-commerce, contohnya seperti: Tokopedia, Bukalapak, Shopee. Itu adalah sedikit contoh startup bidang e-commerce yang sukses menjadi media terbesar untuk berjualan online di Indonesia.

Mereka (para pencipta startup online shop) secara tidak langsung telah memberikan ruang atau wadah yang dapat mempermudah kita untuk melakukan bisnis online, berdagang melalui Internet.

Dengan adanya ruang tersebut, banyak sekali para supplier yang awalnya bisnis offline, sekarang buka toko/menjadi member di startup tersebut, dan menjajakan barang dagangannya secara online.

Menjalankan bisnis online tidak selalu berbuah manis, tapi.. jika kita bandingkan bisnis online dengan offline, tentu keuntungan bisnis yang diperoleh pasti lebih besar yang dijalankan via online, karena kebutuhan saat ini lebih banyak dilakukan melalui teknologi.

Mari kita ulas beberapa manfaat, keuntungan, keunggulan, serta kekurangan dari bisnis online ini.

Manfaat Bisnis Online


Tentu banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapat saat menjalankan bisnis online ini. Adapun berikut adalah beberapa manfaat bisnis online yang wajib kamu ketahui.

1. Dapat Dijalankan Kapan Saja


Poin pertama dari manfaat bisnis online adalah tidak menuntut waktu. Buat para pekerja yang menjadikan bisnis online ini sebagai usaha sampingan, tentu sangat bisa dijalankan. Karena bisnis online bisa dilakukan kapan saja, sangat fleksibel.

2. Menjadi Sumber Mata Pencaharian


Kenapa bisa kami bilang sumber mata pencaharian? Karena efek menjalankan bisnis online ini sangatlah luar biasa manfaatnya. Jangkauan pasar marketing lebih luas, peluang untuk mendapatkan keuntungan nya pun juga sangat besar. Asal kita bersungguh-sungguh dalam menjalankan bisnis.

Cara paling ampuh agar bisa menggaet pembeli adalah dengan cara promosi yang menarik. Aktif promosi, fash response kepada calon pembeli juga akan menjadi poin penting agar bisnis online berjalan lancar, dan menjadi sumber mata pencaharian.

3. Berpeluang Besar


Peluang besar bagi para pelaku bisnis online. Karena para konsumen sekarang rata-rata ± 60% senang melakukan belanja via online. Kita tahu sendiri, bahwa bisnis online memiliki keuntungan serta keunggulan, salah satunya lebih murah.

Selain itu, jangkauan pasar tidak ada batas, jangkauan pemasaran bersifat global, siapapun dapat akses dan melihat barang dagangan kamu di online shop.

Keunggulan dan Keuntungan Bisnis Online


1. Jangkauan Bisnis Luas


Seperti yang sudah saya singgung di paragraf sebelumnya, bisnis online memiliki jangkauan bisnis luas. Selain memiliki keunggulan, bisnis online juga memiliki keuntungan dari segi penjualan.

Penjualan via online biasanya akan lebih banyak orderan, apalagi jika marketnya sudah mendapatkan banyak rating dari customer. Pasti akan mendapatkan rekomendasi khusus dari startup untuk meng unggulkan produk yang kamu jual.

2. Tidak Harus Punya Barang


Keunggulan serta keuntungan bisnis online tidak mengharuskan punya produk untuk mulai berjualan online.

Kamu sebagai reseller tidak harus punya stok barang sendiri di gudang. Karena dalam dunia bisnis online ada istilah dropship. Tugas dropship sendiri melakukan penjualan serta mempromosikan barang dagangan dari supplier (pemilik barang).

3. Bisa Dijadikan Bisnis Sampingan


Keunggulan bisnis online bisa sebagai alternatif untuk mengisi waktu luang disaat kerja. Kamu bisa melakukan bisnis online sebagai usaha sampingan.

4. Mempunyai Banyak Waktu Bersama Keluarga


Buat kamu yang sudah berkeluarga pastinya akan lebih senang apabila mengerjakan suatu pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah. Kerja Online tidak seperti halnya kerja kantoran di mana terikat dengan waktu dan peraturan. Kamu dapat menjalankan bisnis online kapan saja yang kamu inginkan, sehingga waktu berkumpul bersama keluarga ataupun sang buah hati lebih sering terjadi. Pastinya kamu tidak ingin melewatkan perkembangan sang buah hati tercinta, bukan?

5. Lebih Mudah dan Sederhana


Poin kelima yang merupakan keunggulan serta keuntungan bisnis online ini adalah lebih mudah dan sederhana. Kamu tidak perlu punya produk sendiri ataupun memasang produk secara fisik, namun kamu hanya perlu menyediakan katalog disertai deskripsi pada masing-masing barang yang kamu pasarkan di toko online.

Sebenarnya masih banyak sekali keunggulan serta keuntungan dari bisnis online ini. Jika kamu tertarik, tunggu apalagi? Buka bisnis online sekarang juga.

Jika kita sudah mengetahui manfaat serta keuntungan bisnis online, sekarang kami akan lanjut pada poin berikutnya yaitu, kekurangan bisnis online di Indonesia.

Dibalik segala kemudahannya, ternyata bisnis online juga memiliki kekurangan yang harus kamu ketahui. Berikut ulasan lengkapnya.. eits, sebelum lanjut ke pembahasan, kamu harus baca artikel ini sampai selesai ya, agar banyak pengetahuan yang bisa kamu dapat dari artikel ini.

Kekurangan Bisnis Online yang Perlu Kamu Ketahui


1. Tidak Bisa Bekerja Tanpa Koneksi Internet


Bisnis online hanya bisa dilakukan jika ada koneksi internet. Lalu bagaimana jika kita tidak memiliki sambungan internet di tempat kita?

Jika tidak ada sambungan ataupun koneksi internet tidak akan bisa jalan bisnis online ini. karena syarat utama untuk menjalankan bisnis ini adalah Internet.

Namun jika kita lihat perkembangan Internet di Indonesia sendiri, saat ini banyak daerah yang sudah terjangkau Internet, di kota maupun di pedesaan.

Jadi.. sangat minim jika tidak ada koneksi Internet di daerah kalian. Terkecuali.. lokasi-lokasi yang memang susah untuk dijangkau, karena medan nya yang rumit.

2. Rawan Dibohongi Atau Ditipu


Maksudnya adalah.. Jika posisi kamu sebagai penjual dan ada customer yang melakukan pembelian barang, langkah pertama yang dilakukan adalah transfer uang sesuai nominal yang telah tertera di resi pembayaran.

Biasanya ada oknum penipu yang sengaja mengirimkan bukti transfer p*lsu ke penjual, jika kita lengah begitu saja, tanpa melakukan pengecekan terlebih dahulu, dampaknya akan rugi dalam penjualan. Hal tersebut harus betul-betul kita hindari.

3. Omset Menurun Jika Barang yang Dijual Tidak Up to Date 


Hal ini dikarenakan kebanyakan barang yang dijual di toko online adalah yang belum dijual di toko offline. Kalau barang dagangan tidak update, maka akan ditinggal customer. Hal ini perlu dilakukan dengan sangat cepat untuk bisa mengupdate dan memberikan inovasi terhadap produk kita kepada pembeli. Jangan sampai tidak update membuat pembeli kita tidak bisa dan tidak menyukai produk yang kita jual.

Nah, kurang lebih itu gambaran singkat tentang pengertian bisnis online. Jika dirasa pembahasan diatas masih kurang, silahkan kamu kembangkan sendiri pemahaman tentang hal ini dengan mencari sumber informasi yang banyak sekali ada di internet.