Panduan Tata Cara Hidup Sehat Di Usia Senja

makanan sehat untuk diet

Siapa bilang hidup sehat hanya berlaku bagi anak-anak dan para dewasa muda saja? Bahkan, anda yang sudah memasuki usia senja atau lansia tetap bisa menikmati hidup sehat ini. Seperti kata pepatah, sehat adalah harta yang tidak ternilai harganya. Namun, kita tahu jika usia tua menyebabkan banyak penurunan fungsi tubuh.

Misalnya saja, sudah banyak terlihat kerutan pada kulit. Atau, anda juga akan mendapatkan uban atau rambut yang memutih. Mata dan pendengaran juga akan menurun, bukan? Lantas, bagaimana caranya agar anda tetap merasakan nikmat hidup sehat ketika memasuki usia tua? Jangan khawatir, postingan kali ini akan memberikan poin-poin penting yang harus anda lakukan, yaitu:

1. Pastikan Anda Beristirahat Dengan Cukup


Makna dari beristirahat dengan cukup disini tidak hanya tentang berapa jam anda harus tidur. Yang terpenting adalah kualitas tidur anda. Tidak masalah jika anda sudah tidur hingga 10-12 jam sehari. Namun, jika tidur tersebut bukan tidur yang berkualitas maka sama saja. Anda tidak akan bisa menikmati nikmat sehat tersebut. Pertama-tama, pastikan anda tidur di waktu yang benar.

Seperti yang kita ketahui, lansia memiliki jam tidur yang kurang teratur. Misalnya sudah mengantuk di pagi hari. Mudah mengalami insomnia dan tidak tidur cukup di malam hari. Waktu tidur yang dianjurkan adalah 5-8 jam per hari. Namun, ingat anda harus lebih banyak tidur di malam hari sebelum jam 10. Sebab, dimulai dari jam tersebut tubuh melakukan perbaikan sel-sel yang rusak. Jadi, jangan terbalik, ya!

2. Konsumsi Makanan Sehat dan Jaga Berat Badan


Ini mungkin menjadi salah satu poin berat yang harus anda terapkan di usia senja. Apalagi jika anda dulunya suka mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti fast food dan junk food lainnya. Menjaga makanan yang sehat ini juga berkaitan dengan nutrisi dan berat badan anda.

Kenapa anda perlu menjaga berat badan saat berusia senja? Sebab, berat badan yang berlebihan bisa memicu banyak penyakit berbahaya. Misalnya saja diabetes, stroke, hipertensi, masalah jantung hingga kerapuhan sendi dan tulang.

Namun, tubuh yang terlalu kurus juga tidak bagus. Jika anda terlalu kurus maka ini juga menjadi indikasi bahwasanya tubuh mengalami kelemahan hingga masa otot berkurang. Untuk itu, pertahankan berat badan ideal dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk diet bagi lansia.

3. Selalu Aktif


Jangan salah kaprah, ya! Usia tua bukan berarti anda harus berdiam diri dan bermalas-malasan. Sebab, semakin jarang anda menggerakkan anggota tubuh maka semakin mudah anda merasa kelelahan. Anda harus tetap aktif bergerak meskipun sudah memasuki usia senja.

Sebenarnya, anda bisa tetap aktif bergerak hanya dengan mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Namun, anda juga bisa memaksimalkannya dengan berolahraga. Ada banyak olahraga yang bisa dilakukan bagi para lansia. Tentu saja anda harus memilih olahraga tepat, ringan dan dianjurkan.

4. Jaga Suasana Hati Agar Selalu Bahagia


Bahagia adalah hak semua makhluk hidup. Bahkan, anda yang sudah berusia lanjut juga disarankan untuk selalu menjaga mood agar bisa merasakan suasana hati yang baik. Jika anda bahagia maka tubuh akan terasa lebih sehat. Cobalah bermain puzzle atau teka-teki. Permainan ini baik untuk melatih fungsi otak agar anda tidak mudah pikun.

5. Konsumsi Suplemen, Berobat dan Periksakan Diri Secara Teratur


Memiliki banyak masalah kesehatan ketika usia lanjut memang hal yang wajar. Namun, anda bisa memperbaiki kualitas hidup dengan cara rajin memeriksakan diri. Anda juga harus konsumsi obat secara teratur jika diperlukan. Dan bantu kinerja tubuh dengan konsumsi vitamin atau suplemen kesehatan.

Itu tadi 5 poin penting agar lansia tetap mendapatkan hidup sehat. Apakah ada salah satu poin yang sudah anda terapkan, belum?