Tips Menabung Beli Mobil untuk Mahasiswa

Tips Menabung Beli Mobil untuk Mahasiswa

Siapa bilang mahasiswa enggak bisa punya mobil? Dengan tips menabung ini semua pasti bisa!

Mobil saat ini sudah menjadi transportasi kebutuhan untuk menunjang mobilitas. Semua orang pasti punya mimpi untuk membeli mobil yang mereka dambakan. Mulai dari orang tua hingga mahasiswa, semua pasti ingin aktivitas sehari-harinya terbantu dengan memiliki mobil.

Menabung untuk membeli mobil bukanlah hal yang mudah bagi anak muda, sebab harganya yang mahal dan penghasilanmu yang mungkin belum seberapa. Mungkin sebagai mahasiswa, membeli mobil adalah hal yang mustahil dilakukan, tapi dengan tekad dan ketekunan, semua pasti bisa!

Berikut adalah beberapa tips untuk kamu, para mahasiswa yang ingin menabung untuk beli mobil!

Mulai menabung


Mendengar kata “menabung untuk membeli mobil” akan selalu dirasa berat dan mustahil. Tapi ketika kamu tidak segera mulai menabung, maka impian untuk memiliki mobil itu akan sirna. Sebagai mahasiswa, pastinya kamu akan mulai untuk bekerja. Kumpulkan uang hasil bekerja itu sedikit-sedikit supaya tabunganmu juga melimpah. Tidak menjadi masalah jika penghasilan masih terbilang kecil, yang penting cara kamu untuk mengelola uang dengan baik.

Sebagai mahasiswa, kita pasti tergiur untuk foya-foya dan nongkrong bersama teman-teman. Tapi jika kamu sudah memiliki goal untuk membeli mobil, kamu bisa mengurangi pola hidup itu dan mulai rajin menabung. Jika kamu masih mendapatkan uang saku dari orang tua, lebih baik uang itu disimpan untuk bekal membeli mobil nanti.

Tetapkan target dan jadwal menabung


Kapan kamu berencana untuk membeli mobil itu? 5 tahun mendatang? 6 tahun mendatang? Tetapkan targetmu agar bisa memilah-milah sisa uang untuk menabung dan kebutuhan yang penting-penting. Umumnya, tabunganmu paling tidak bisa menutupi harga uang muka, sekitar 20% dari harga total. Banyak cara untuk membeli mobil, bisa dengan cash atau full payment, pembayaran uang muka atau DP, atau kamu bisa juga kredit mobil baru 2022.

Setelah kamu menetapkan target, barulah kamu menghitung berapa jumlah uang yang harus kamu tabung dengan penghasilan yang kamu miliki. Tentukan juga waktu untuk kamu menabung, perbulan atau perminggu kah, dan dalam waktu tersebut berapa kali kamu harus memasukkan uang ke tabunganmu.

Mencari kerja sampingan


Mungkin kamu masih mendapatkan uang saku dari orang tua, tidak apa-apa. Simpan uang itu untuk ditabung. Sebagai tambahan, kamu bisa mencari kerja sampingan. Misalnya bekerja part-time di kafe, atau jasa translasi jika kamu pandai berbahasa asing. Kamu juga bisa mencari pekerjaan dengan penghasilan yang lebih besar dari uang sakumu setiap bulan. K

amu bisa coba dengan paid internship, yaitu program magang berbayar. Selain dapat pengalaman, kamu juga bisa menyimpan uang penghasilanmu untuk tabungan beli mobil.

Membeli mobil bekas


Sekiranya membeli mobil baru masih terlalu mahal, sebagai anak muda coba pilih mobil bekas yang usianya juga masih muda. Selain karena harganya yang tidak semahal harga baru, mobil dengan usia muda memiliki performa yang masih bagus juga. Sehingga cocok untuk dipilih mahasiswa yang ingin membeli mobil.

Membeli mobil sekarang sangat mudah, bisa lewat pembelian online. Jika kamu ingin tetap membeli mobil baru, percayakan pada SEVA. Di SEVA, kamu akan disuguhkan dengan beragam produk yang pastinya akan menguntungkanmu. Kamu bisa pilih fitur Kalkulator Pembiayaan, dimana kamu dapat menghitung kemampuan finansialmu dan fitur Instant Approval yang akan merekomendasikanmu mobil sesuai dengan budget yang kamu punya.

Itulah tips menabung membeli mobil untuk mahasiswa. Beli mobil yang aman dan Jelas dari Awal, ya di SEVA!